Sejak diresmikan Bupati Akhir Desember Pengunjung MPP Capai 500 Orang Perhari

Rabu, 23 Januari 2019 15:05:58 - Oleh : Kedaulatan Rakyat

KSWP Merupakan Sinergi DJP Dan DPMPT

Tren Investasi 2015-2018 Tumbuh Positif, Presiden RI Luncurkan KOPI MANTAP

KIM BANTU PROMOSIKAN MPP

OSS baru Koordinasikan hingga Layanan di Daerah

Perizinan KEK Piyungan-Sentolo Dikebut

Sejak diresmikan Bupati Kulon Progo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) pada 28 Desember 2018 lalu, jumlah masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Kulon Progo terus meningkat. Kepala DPMPT Kulon Progo Agung Kurniawan SIP M.Si mengatakan setiap hari masyarakat yang ingin menikmati kemudahan pelayanan di MPP rata-rata mencapai 500 orang.

Pelayanan di MPP ada 22 stan. Mulai dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Perizinan DIY, Bank BPD, Kantor Pertanahan, KPP Pratama Wates, Kementrian Agama, Polres yang meliputi pelayanan penerbitan SKCK, pelayanan perpanjangan SIM dan Surat Keterangan Kehilangan hingga Kantor Imigrasi.

"Selama empat hari kerja pasca diresmikan Bupati alhamdulilah MPP sudah beroperasi sebagaimana harapan banyak pihak. Untuk jenis layanan ada 22 stan yang terdiri dari 12 instansi vertical dan 10 instansi otonom. Dari 22 stan tersebut kami memberikan 221 jenis perizinan dan non perizinan. Hingga hari ini rata-rata 500 pengunjung datang ke MPP untuk mendapatkan kemudahan layanan disini," kata Agung di MPP Kulon Progo.
Pihaknya berharap dengan beroperasinya MPP, masyarakat merasa terbantu karena mendapatkan kemudahan layanan. "Prinsipnya masyarakat merasa lebih efisien dan efektif adanya MPP. Karena dengan masyarakat datang kesini akan mendapatkan berbagai maca menu layanan. Artinya dalam waktu bersamaan warga bisa mendapatkan pelayanan lebih dari satu jenis layanan. Khusus bagi mereka yang mengurus izin bisa berkonsultasi tentang izin yang lainnya,"tutur Agung.

Sejak MPP beroperasi pelayanan Polres (penerbitan SKCK, perpanjangan SIM dan Surat Keterangan Kehilangan) menjadi yangpaling diminati masyarakat. Disusul pelayanan samsat, perpanjangan STNK dan stan Dinas Kependudukan untuk perekaman e-KTP. "Pelayanan perizinan khususnya BTSP DPMPT juga banyak dikunjungi warga," ujarnya menambahkan pihaknya juga memberikan pelayanan pendampingan Online Single Submission (OSS) meliputi layanan mandiri, berbantuan dan layanan prioritas.

Kemudahan dan keramahan masing-masing petugas stan di MPP telah dirasakan masyarakat. Seperti yang disampaikan Lala Arnanta (25) warga Clapar Desa Hargowilis Kokap yang mengurus Jamkesos. "Pelayanan di MPP lebih enak karena sudah online, sehingga saya tidak wira-wiri (bolak balik),"kata Lala.

Bupati dr. Hasto Wardiyo saat meresmikan MPP menegaskan, tujuan utama pendirian mal tersebut untuk meningkatkan integritas dalam memberikan kemudahan berusaha dan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak