PERKEMBANGAN REALISASI INVESTASI DAN PERIZINAN TAHUN 2018 DI KABUPATEN KULON PROGO

Rabu, 23 Januari 2019 15:11:43 - Oleh : DPMPT KP

KSWP Merupakan Sinergi DJP Dan DPMPT

Tren Investasi 2015-2018 Tumbuh Positif, Presiden RI Luncurkan KOPI MANTAP

KIM BANTU PROMOSIKAN MPP

OSS baru Koordinasikan hingga Layanan di Daerah

Perizinan KEK Piyungan-Sentolo Dikebut

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Kulon Progo mengumumkan realisasi investasi sampai pada triwulan keempat tahun 2018 tercatat sebesar Rp 6.000.039 (dalam juta rupiah), meningkat sangat signifikan dibandingkan periode yang sama Tahun 2017 yang hanya sebesar Rp. 1.208.722 (dalam juta rupiah). Kenaikan Realisasi Investasi ini meningkat sangat drastis dengan adanya pembangunan bandara baru di Kabupaten Kulon Progo yang mendongkrak kenaikan nilai realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tahun 2018 mencapai Rp 5.116.568 ( dalam juta rupiah)., sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA), yaitu mencapai Rp 883.471 ( dalam juta rupiah ) atau tumbuh 35% dari tahun sebelumnya. dengan adanya pembangunan bandara baru, berdampak pada kegiatan investasi di berbagai sektor lain misalnya tumbuhnya hotel berbintang di Kabupaten Kulon Progo, munculnya perumahan-perumahan baru di Kulon Progo serta meningkatnya berbagai usaha di Kabupaten Kulon Progo.

Jumlah izin yang diterbitkan DPMPT Kulon Progo pada tahun berjumlah 2.822 izin. Jumlah ini menurun dari jumlah target tahun 2018 yang berjumlah 3000 izin. Dalam rangka penerbitan izin, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Kulon Progo juga telah melakukan survey perizinan pada tahun 2018 sebanyak 1367 kali menurun dari target tahun 2018 yang berjumlah 1750 kali survey perizinan. Hal ini dikarenakan proses perizinan sudah diintegrasikan dengan sistem Online Single Submission (OSS), atau perizinan usaha secara online sehingga akan menguatkan layanan berbasis teknologi informasi atau e-service. Selain itu, Kulon Progo juga telah memiliki Mal Pelayanan Publik yang sudah menyediakan layanan lebih dari 200 jenis perizinan berbasis integrasi data dan sistem informasi untuk efisiensi layanan.

Dengan adanya Sistem Perizinan berbasis elektronik ini, diharapkan kesadaran masyarakat semakin tinggi dalam mencari izin, selain itu juga adanya peningkatan pelayanan perizinan kepada masyarakat melalui sosialisasi serta penyebarluasan informasi perizinan. Selain itu, untuk mendapatkan kemudahan dalam mencari izin, masyarakat selain bisa datang sendiri ke DPMPT kab. Kulon Progo juga bisa mengakses Perizinan online sendiri di https://www.oss.go.id.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak