Angkasa Pura I Segera Bangun Hotel di Bandara Kulon Progo Yogyakarta

Sabtu, 27 Juli 2019 20:55:15 - Oleh : IDN TIMES

MODAL TERTANAM JARANG DILAPORKAN

DUA DINAS RAIH PENGHARGAAN "PUBLIC SERVICES"

MASKAPAI ASING BERI SYARAT, KULON PROGO BUTUH HOTEL BINTANG 3 DAN RUMAH SAKIT INTERNASIONAL

KUNJUNGAN KERJA DPMPTSP KOTA TERNATE

KUNJUNGAN KERJA PEMKAB TEGAL

Mendukung percepatan operasional bandara baru Yogyakarta Internasional Airport (YIA)di Kulon Progo, Yogyakarta, anak perusahaan PT Angkasa Pura I akan membangun hotel di kawasan YIA.

Pelaksana Tugas Yogyakarta International Airport, Agus Pandu Purnama mengatakan, pembangunan hotel yang merupakan bagian dari akomodasi untuk air crew di Yogyakarta International Airport menjadi salah satu fokus percepatan pembangunan bandara ini.

"Karena begitu pesawat landing di YIA, air crew ini mau menginap di mana? Kalau mau ke Kota Yogyakarta, harus menempuh perjalanan selama satu setengah jam. Jadi ini juga menjadi fokus kami," ujar Pandu, Kamis (25/7).

Baca Juga: Rute Makassar-YIA Dibuka, Bisa Jadi Alternatif Destinasi Wisata

1. Hotel dibangun dekat terminal YIA

Seperti disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, pembangunan hotel di dalam Yogyakarta International Airport menjadi salah satu prioritas. Upaya itu dilakukan untuk melengkapi fasilitas akomodasi untuk para air crew saat mendarat di bandara baru Kulon Progo.

"Lokasi hotel dibangun di antara terminal dan gedung parkir, di lantai dua," kata Pandu.

Hotel tersebut nantinya akan dibangun oleh anak perusahaan PT Angkasa Pura, yakni Angkasa Pura Hotel. Pandu mengungkapkan, hotel tersebut nantinya akan terdiri dari kurang lebih 70 kamar.

"Dirut AP 1 berkomitmen, hotel harus segera dibangun. Paling tidak Desember ini, pembangunan hotel itu selesai," imbuh Pandu.

Baca Juga: 3 Bulan lagi Beroperasi Penuh, Infrastruktur Pendukung YIA Belum Siap

2. Oktober 2019, 66 penerbangan JOG bakal pindah ke YIA

Selain merampungkan konstruksi bangunan Yogyakarta International Airport, PT Angkasa Pura I juga mulai merencanakan skema pemindahan sejumlah penerbangan ke bandara baru.

Pandu memaparkan, hasil rapat internal bersama Kementerian Perhubungan dan stakeholder di Malang lalu, merumuskan rencana pemindahan sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Adisutjipto ke YIA.

"Oktober nanti akan ada pergantian season dari summer ke winter, sehingga total akan ada 66 penerbangan yang akan dipindahkan. Semuanya adalah rute luar Pulau Jawa," ungkap General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto ini.

3. YIA akan melayani hingga pukul 23.00 WIB

Sejalan dengan bertambahnya jumlah penerbangan yang akan masuk ke Yogyakarta International Airport, PT Angkasa Pura I akan menambah jam operasional bandara tersebut. Sejak dibuka kali pertama pada awal Mei lalu, jam pelayanan YIA terbatas, yakni mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

"Maka besok, saat 66 penerbangan ini masuk, jam operasional akan ditambah. YIA akan melayani penumpang dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Karena ada beberapa penerbangan yang memang slot terbangnya malam," ungkap Pandu.

4. Transportasi darat pendukung aksesibilitas YIA diminta siap
Lebih lanjut Pandu memaparkan, selain memindahkan 66 penerbangan dari Bandara International Adisutjipto, nantinya juga akan ada rute-rute baru yang dibuka di Yogyakarta International Airport. Kurang lebih sebanyak 12 penerbangan baru akan dibuka di bandara baru tersebut.

"Ada 12 [penerbangan] movement, itu penerbangan dengan rute baru. Belum lagi nanti penerbangan international flight," jelas Pandu.

Pemindahan penerbangan domestik dari Bandara Internasional Adisutjipto ke Yogyakarta International Airport, akan membuat pergerakan penumpang semakin meningkat di Kulon Progo. Pandu berharap, sejalan dengan pemindahan tersebut, infrastruktur transportasi darat sudah siap mengangkut penumpang dari YIA.

"Apabila kami pindahkan penumpang dari Bandara Adisutjipto, YIA sudah mendapat 8,4 juta penumpang. Maka akan semakin banyak jumlah penumpang di YIA, untuk itu kami berharap transportasi pendukung juga harus siap menyambutnya," papar Pandu.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak