Potensi Investasi

 

Kabupaten Kulon Progo memiliki keunggulan komparatif, kompetitif dan distingtif tersendiri dibandingkan kabupaten lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak  sangat strategis, berada di jalur lalu lintas perekonomian di Pulau Jawa bagian selatan. Kulon Progo juga memiliki topografi yang menarik yaitu adanya wilayah atas (utara), wilayah tengah, dan wilayah pesisir (selatan).

Sebagai wilayah yang akses ekonominya terbuka, Kabupaten Kulon Progo menjadi daerah yang sangat kompetitif untuk dikembangkan di bidang industri pengolahan, perdagangan, dan jasa. Berbagai fasilitas pendukung seperti Pelabuhan perikanan Karangwuni Wates dan Bandara Internasional yang akan dibangung di Kabupaten Kulon Progo.

Panorama keindahan Kabupaten Kulon Progo terpancar dari wilayah Perbukitan Menoreh dan Pesisir Samudera Indonesia, yang masing-masing mempunyai keunikan tersendiri. Wilayah Perbukitan Menoreh di bagian utara  menawarkan panorama alam laksana benteng raksasa hijau yang kokoh.Ketika kita berada di atas puncak Suroloyo maka dapat menyaksikan indahnya wilayah di bawahnya termasuk kemegahan Candi Borobudur. Sebaliknya jika kita berada di wilayah selatan, terhambar birunya Samudera Indonesia dan laguna yan membentang di tepian Pantai Glagah.

Kulon Progo Jewel Of Java merupakan Brand Image Kulon Progo untuk Go Internasional. Brand ini merupakan komitmen pembangunan ekonomi daerah yang memadukan setiap potensi guna mempromosikan Kulon Progo di dunia internasional.

Pemerintah Kulon Progo senantiasa berupaya menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan dunia usaha di wilayah Kulon Progo. Hal tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan investasi yang pada gilirannya akan berdampak positif pada perkembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya Pemerintah Kulon Progo adalah memberikan fasilitas data dan informasi yang dibutuhkan dunia usaha, baik mengenai potensi komoditas unggulan daerah, fasilitas infrastruktur pendukung, sektor-sektor andalan serta kebijakan atau regulasi yang berlaku di daerah.