Terapkan Sistem Informasi di Tahun 2018, DPMPTST Kabupaten Magelang Studi Banding ke Kulon Progo

Selasa, 2 Januari 2018 08:19:33 - Oleh : Muh Rio Nisafa

Memperingati Hari Jadi Ke 67 Kabupaten Kulon Progo, DPMPT Melaksanakan Apel Dalam Nuansa Jawa

Pemda DIY Siapkan Tiga Jurus Jitu untuk Tingkatkan Investasi

PEMENANG KUIS DAN FOTO CONTEST STAND DPMPT KABUPATEN KULON PRO

DPMPT Membuka Pelayanan Pendampingan OSS di Manunggal Fair 2018

Sosialisasi LKPM dalam rangka Kegiatan dan Pemantauan dan Pengawasan Pelaksanaan Penanaman Modal dan

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah cara dan kebiasaan masyarakat dalam melakukan segala sesuatu. Dari mencari informasi, berinteraksi dengan orang lain, hingga melakukan transaksi jual beli. Akses yang semakin mudah, dan kepemilikan gawai (gadget) yang semakin terjangkau menjadikan setiap orang terhubung satu sama lain dalam jaringan internet.

Begitu juga pelayanan publik yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemerintah, termasuk pemerintah daerah dituntut memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin berubah, salah satunya pelayanan di bidang perizinan.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, khususnya Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT)  dinilai telah menerapkan sejumlah sistem informasi dalam memberikan pelayanan publik. Hal ini mendasari Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk melakukan studi banding ke Kabupaten Kulon Progo.

Rombongan studi banding   DPMPTSP  Kabupaten Magelang diterima di Ruang Rapat Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulon Progo pada Kamis, 28 Desember 2017. Rombongan DPMPTSP  Kabupaten Magelang dipimpin oleh Sekretaris Dinas, Zanuar Efendi.  Studi banding ini dilakukan terkait dengan penerapan perizinan secara online serta belanja sistem informasi/aplikasi yang akan dilakukan pada tahun anggaran 2018

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulon Progo, Agung Kurniawan, SIP, M.Si saat menerima studi banding menyatakan bahwa DPMPT Kabupaten Kulon Progo telah menerapkan sejumah sistem informasi atau aplikasi. Untuk aplikasi perizinan daerah, DPMPT Kabupaten Kulon Progo memiliki aplikasi E-permit. Sedangkan perizinan yang terkait dengan Kementerian / Lembaga Non Kementerian, DPMPT Kabupaten Kulon Progo telah memiliki akses di sejumlah sistem informasi seperti (1) SPIPISE, Sistem Pelayanan dan Perizinan Investasi Secara Elektronik - BKPM RI, (2) SIPO, Sistem  Informasi Perusahaan Online – Kementerian Perdagangan RI (3) SIPJAKI, Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI. (4) Sistem Informasi Pelayanan Publik - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. 

Lebih lanjut Agung Kurniawan menyatakan bahwa Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Magelang ibaratnya tetangga adu tritis, yang bersebelahan rumah sehingga perlu adanya kerja sama antar keduanya. Terlebih adanya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur, dimana Candi Borobudur berada di Kabupaten Magelang dan didukung Kabupaten Kulon Progo sebagai kawasan penyangga. 

« Kembali | Kirim | Versi cetak