KUNJUNGAN KERJA DPMPT KAB GUNUNG KIDUL KE DPMPT KAB. KULON PROGO

Jum`at, 20 April 2018 10:45:56 - Oleh : DPMPT KP

DPMPT Kab. Kulon Progo Melaksanakan Sosialisasi Pelayanan Perizinan Jemput Bola Tahun 2018

Pemantauan dan Pengawasan Kegiatan Penanaman Modal di Kabupaten Kulon Progo

DPMPT Kab. Kulon Progo Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Penanaman Modal dan Perizinan

DPMPT Kab. Kulon Progo Ikut Pameran APKASI Otonomi Expo 2018 di Tangerang

Proyek Bandara NYIA, Nilai Investasi di Kulonprogo melejit sebesar Rp. 4 Triliyun

Pada tanggal 16 April 2017 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu ( DPMPT ) Kab. Kulon Progo menerima kunjungan kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu ( DPMPT ) Kab. Gunung Kidul DIY yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas DPMPT Kab. Gunung Kidul Sabarisman beserta para pejabat struktural dan staf lainnya.
Kunjungan DPMPT kab. Gunung Kidul ke DPMPT kab. Kulon Progo kali ini diterima oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Kulon Progo Agung Kurniawan, S.IP M.Si memaparkan mengenai Penerapan Tax Clearence untuk penerbitan izin, Fasilitasi pembinaan CSR (Corporate Social Responsibility) dan Pelayanan Perizinan satu pintu, sesuai maksud dan tujuan kunjungan tersebut.
Agung Kurniawan mengatakan, beberapa program prioritas yang sedang dijalankan harus ada integrasi perizinan dalam bentuk tax clearance atau ketertarikan fiskal secara menyeluruh kepada wajib pajak agar dalam penerapannya dapat berjalan selaras dan seimbang. Untuk perusahaan dalam permohonan izin wajib melampirkan surat keterangan tidak ada pajak yang terhutang (tax clearance) dari kantor pajak.
Sesuai pembentukannya sebagai terobosan dalam pelayanan kepada masyarakat, Keberadaan DPMPT diharapkan bisa lebih memudahkan masyarakat, terutama terkait pelayanan perizinan. Agung berharap masyarakat tidak kesulitan saat mengurus perizinan. "Harus benar-benar satu atap, jadi tidak membingungkan masyarakat," tandasnya
Selain itu perusahaan yang sudah mengajukan Izin Usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi perlu perhatian khusus bagi perkembangan perkembangan perusahaan tersebut, termasuk membina lingkungan dengan iklim usaha yang kondusif, menfasilitasi dan memberikan akses pada sumberdaya produktif dan memperkuat kewirausahaan serta daya saingnya. Untuk memperkuat Usaha perusahaan tersebut, salah satu strategi yang penting adalah kemitraan. Untuk membentuk kemitraan-kemitraan ini, peranan pemerintah dan instansi-instansi pendukung lainnya adalah strategis dan penting. Peranan pemerintah dapat dilakukan melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif untuk menciptakan kemitraan dan dapat pula memberikan fasilitas dan dukungan-dukungan lain seperti misalnya fasilitas penciptaan keserasian (match making), menyediakan bantuan keuangan dan keperluan-keperluan yang lainnya untuk menjembatani kemitraan antara kedua pihak tersebut.
Disamping pemerintah, peranan perusahaan perusahaan besar untuk memberikan suatu dukungan dan menyisihkan sebagian dari keuntungan bersih mereka guna pengembangan perusahaannya dengan menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR). Pembinaan CSR untuk pengembangan Perusahaan dalam usahanya menjadi salah satu pilihan strategis banyak Perusahaan berkembang di Kabupaten Kulon Progo agar supaya memperkuat dan meningkatkan daya saing. Sudah diakui bahwa perusahaan-perusahaan besar tidak akan tumbuh berkembang dengan baik tanpa dukungan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Masyarakat sekitar perusahaan dan perusahaan-perusahaan besar di Kabupaten Kulon Progo harus selalu bekerjasama satu sama lain agar memanfaatkan peluang-peluang demi pertumbuhan dan kemakmuran masyarakat.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak