Sosialisasi LKPM dalam rangka Kegiatan dan Pemantauan dan Pengawasan Pelaksanaan Penanaman Modal dan

Kamis, 27 September 2018 15:13:48 - Oleh : DPMPT KP

Realisasi Investasi Hingga Kuartal III/2018 Turun 1,6%

DPMPT Kulon Progo dapat penghargaan dari Menteri PANRB

Pertumbuhan Investasi di DIY Hanya 1,62 Persen

Banyak Investor Mangkir, Ini pentingnya LKPM

DPMPT Kulon Progo melaksanakan Pengawasan Reklame Toko Modern di Kulon Progo

Di dalam Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pedoman Dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, pada pasal 7huruf c disebutkan bahwa setiap Pelaku Usaha berkewajiban menyampaikan LKPM. Dan selanjutnya pada pasal 10 ayat (1) disebutkan bahwa kewajiban penyampaian LKPM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf c dilakukan secara daring dan berkala melalui SPIPISE untuk setiap kegiatan usaha yang dilakukan oleh Pelaku Usaha.

Untuk mengimplementasikan peraturan tersebut agar Pelaku Usaha menyampaikan LKPM secara berkala, Rabu (26/9) di Gedung Binangun IV A Pemda Kulon Progo diadakan pelatihan, sosialisasi, penyuluhan dan pembinaan LKPM dalam rangka kegiatan pemantauan dan pengawasan pelaksanaan Penanaman Modal dan Perizinan tahun 2018 yang dibuka Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Kulon Progo dengan nara sumber Kepala Bidang Pengawasan Data dan Informasi DPMPT Kabupaten Kulon Progo dan Supriyanti, SH Legal Officer PT. Komitrando.

Agung Kurniawan, SIP M.Si Kepala DPMPT kabupaten Kulon Progo mengatakan Dari beberapa Perusahaan yang ada di Kulon Progo baru ada 16 perusahaan yang meyampaikan LKPM secara daring (online), sehingga dengan pelatihan ini diharapkan kedepannya semua perusahaan akan menyampaikan LKPM secara daring. Selain itu juga agar tercipta penyeragaman pemahaman mengenai proses pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dalam Sistem National Single Window for Investment (NSWI) dan pelaku usaha diharapkan dapat melaporkan LKPM tepat waktu. Dengan melaporkan LKPM tepat waktu, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kulon Progo khususnya akan semakin bagus dan dengan semakin banyak perusahaan yang berinvestasi di Kulon Progo maka kesejahteraan semakin meningkat serta masyarakat dapat merasakan CSR dari perusahaan-perusahaan yang ada di KUlon Progo.

Selain itu, Kepala Bidang Pengawasan Data dan Informasi Cahyono, ST mengungkapkan Perusahaan sebagai pelaku usaha wajib menyampaikan LKPM secara online melalui situs https://lkpmonline.bkpm.go.id atau https://nswi.bkpm.go.id/permohonan_perizinan, dengan menggunakan hak akses yang diberikan oleh BKPM. Bagi perusahaan yang belum memiliki hak akses, dapat mengajukan secara online melalui situs https://online-spipise.bkpm.go.id atau situs https://nswi.bkpm.go.id/, melalui menu Pendaftaran Akun.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak