KIM BANTU PROMOSIKAN MPP

Kamis, 14 Maret 2019 14:54:06 - Oleh : Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo

Bandara Baru Dorong Iklim Investasi

UNY Menuju Universitas Kelas Dunia

Kunjungan Kerja DPMPTSP Kabupaten Bandung Barat dan DPMPPTSP Kabupaten Banyumas

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Berkunjung Ke MPP Kabupaten Kulon Progo

MPP Dibangun Menyambut NYIA

Dalam rangka mempromosikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Kominfo memanfaatkan rakor Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di ruang rapat Binangun IV Lt.2 Pemda Kulon Progo, Rabu (13/2/2019).

Di hadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo Drs.Rudiyatno,MM, Kabid Informasi Komunikasi Publik Statistik R.Sigit Purnomo,SIP dan Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu, Agung Kurniawan S.IP. M.Si, sebagai narasumber.

Kepala DPMPT Agung Kurniawan menjelaskan keberadaan MPP di Kulon Progo termasuk satu-satunya di DIY dan terdapat 16 MPP di seluruh Indonesia dengan tujuan memberikan kemudahan pelayanan Publik di Kulon Progo.

"MPP diselenggarakan oleh DPMPT Kulon Progo dengan tujuan untuk meningkatkan integritas antar daerah dalam memberikan kemudahan berusaha dan pelayanan publik di Kabupaten Kulon Progo dan MPP Kulon Progo termasuk satu -satunya di DIY," kata Agung.

Lebih lanjut oleh Agung menjelaskan KIM Kulon Progo sangatlah penting, karena merupakan penghubung informasi kepada masyarakat untuk ikut menginformasikan MPP. Bahwa dalam pelaksanaan MPP yang terkait dengan perizinan menggunakan Online Single Submission (OSS), layanan online DMPT (IZINKU) hal tersebut sebagai bentuk layanan satu pintu berbasis jaringan guna memangkas waktu pelayanan kepada masyarakat dan juga investor.

"Diharapkan dengan adanya MPP dan sistem perizinan menggunakan OSS, layanan online DMPT(IZINKU), pelayanan publik di Kulon Progo semakin baik, cepat, mudah, aman dan nyaman serta untuk efisiensi pelayanan," ujarnya.

Terdapat 21 jenis pelayanan publik yang ada di MPP Kulon Progo meliputi, Kementrian/Lembaga Vertikal/Badan Usaha dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) contohnya dari BPJS Kesehatan/Ketenaga kerjaan, KPPD/Samsat pelayanan pajak sepeda motor, Polres Kulon Progo seperti Pelayanan Penerbitan SKCK, Pelayanan Perpanjangan SIM, Dinas Lingkungan Hidup.

Ditemui saat rakor Rohmad Dangu Purwanto dari KIM Cornida Kecamatan Kokap, dalam era digital, beberapa aplikasi pelayanan sangat membantu masyarakat untuk dikenalkan.

"Di era digital saat ini aplikasi pelayanan sangat membantu masyarakat karena fungsi KIM adalah penghubung informasi intansi ke masyarakat," kata Rohmad

Diharapkan rapat kordinasi dengan KIM tentang sosialisasi MPP di Kulon Progo adalah menginformasikan ke pada masyarakat tentang keberadaan MPP mampu memberikan pelayanan yang terintegrasi dan memberikan kemudahan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak