Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Berkunjung Ke MPP Kabupaten Kulon Progo

Senin, 8 April 2019 13:40:06 - Oleh : DPMPT KP

MPP TERAPKAN ZONA INTEGRITAS

MPP DIPENUHI ANTREAN PANJANG

Peningkatan Ketakwaan dan Kinerja Pelayanan

MPP Menerapkan KTR

ORANG HIDUP PUNYA 2 PUSAKA : SABAR DAN SHALAT

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kulon Progo mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan integritas dalam memberikan kemudahan berusaha dan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Adanya MPP merupakan langkah Pemkab Kulon Progo dalam melakukan reformasi birokrasi. Keberadaan MPP diharapkan meringankan beban masyarakat untuk mendapatkan layanan mudah, murah, cepat dan pasti sesuai semangat New Publik Management.
Kamis (28/3) kemarin, MPP Kabupaten Kulon progo mendapat kunjungan Prof Dr. Diah Natalisa, MBA Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Dalam kesempatan tersebut beliau mengatakan bahwa pembentukan MPP terinspirasi dari Nawacita, dimana enam diantaranya berkaitan erat dengan pelayanan publik sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat. "Gagasan tersebut sejalan dengan upaya pemerintah membenahi pelayanan publik," ujarnya saat Kunjungan di MPP Kabupaten Kulon Progo, Kamis (28/03).
Menurutnya MPP juga merupakan bentuk cita-cita dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan berbagai jenis layanan di satu tempat. Konsep MPP ditawarkan sebagai solusi dari pelayanan terpadu yang saat ini belum terintegrasi antara pelayanan instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sekaligus pelayanan bisnis dalam satu lokasi.
MPP merupakan pengembangan dari pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang dikombinasikan dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga pelayanan publik menjadi lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan.
Hadirnya MPP mengintegrasikan berbagai pelayanan publik yang dilakukan secara terpisah oleh masing-masing instansi. Pelayanan tersebut dirasa kurang efektif, tidak efisien, dan berbiaya tinggi sehingga pembangunan MPP di Kabupaten Kulon Progo ini diharapkan dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.
Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Agung Kurniawan,SIP M.Si mengatakan bahwa pihaknya mendukung perbaikan kualiatas pelayanan publik sehingga pembangunan MPP di Kabupaten Kulon Progo ini selalu siap hadir dengan turut berpartisipasi memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal sebagai bukti kami perduli dengan pelayan publik.
Inovasi baru dalam pelayanan satu atap ini merupakan solusi yang memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi perijinan dan non perijinan. "Jadi masyarakat Kabupaten Kulon progo tentu tidak sulit lagi untuk pengurusan administrasi karena tempat pengurusan sudah satu atap" ujar Agung.

« Kembali | Kirim | Versi cetak