Investasi Perumahan dan Hotel di Kulonprogo Melejit

Kamis, 23 Mei 2019 10:53:15 - Oleh : Harian Jogja

DLH Kota Probolinggo Kunjungi MPP Kabupaten Kulon Progo

Kemudahan Perizinan Meningkatkan Eksport Produk Lokal

Uji Coba Publik OSS Versi 1.1

Investasi Masih Banyak Terhambat, Begini Penjelasan Sofyan Djalil

Realisasi Investasi di Kuartal III-2019 Naik 18,4% Mencapai Rp205,7 Triliun

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulon Progo mencatat investasi sektor hotel dan perumahan melejit selama triwulan pertama tahun ini.
Data DPMPT menyebutkan realisasi investasi hotel dan perumahan di tiga bulan pertama itu mencatatkan Rp. 16,9 miliar. Secara total selama awal 2019, investasi yang masuk ke Bumi Menoreh ada Rp. 179,8 miliar.
"Dari jumlah itu, masih banyak yang belum melaporkan investasinya. Biasanya laporan banyak yang masuk ketika di ujung tahun," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPT Kulon Progo, Dheny Setyawati, SH kepada Harian Jogja, selasa (21/5).
Dia menyebutkan setelah beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA), investasi di sektor hotel dan perumahan cenderung naik. Untuk sektor hotel, investasi yang masuk tidak lagi hanya hotel tingkat rendah tetapi mulai muncul hotel berbintang.
Investasi masuk paling banyak ada di Kecamatan Temon sedangkan untuk perumahan mayoritas masih ada di Kecamatan Wates. Di sektor perumahan, tahun lalu muncul investasi baru untuk pembangunan perumahan dengan segmentasi non masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Menurut Dheny, kedepan investasi di sektor hotel dan perumahan itu cenderung lebih ramai lagi.
Kepala DPMPT Kulon Progo Agung Kurniawan, S.IP M.Si mengatakan secara umum realisasi investasi di Kulon Progo untuk sektor hotel dan perumahan dipengaruhi adanya YIA. Dari 2016, total sudah ada 14 hotel yang berinvestasi di Kulon Progo dan ada 19 investasi untuk perumahan.
"Bandaramenjadi daya tarik investasi, Hotel rata-rata berbintang tiga,"tuturnya. Agung berharap agar investasi dari hotel dan perumahan di Kulon Progo bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain itu, di bulan-bulan berikutnya, iklim investasi di Kulon Progo dapat berjalan dengan baik.

« Kembali | Kirim | Versi cetak