Monitoring dan Evaluasi Kinerja Keuangan Triwulan III Tahun 2019

Senin, 14 Oktober 2019 10:17:11 - Oleh : DPMPT KP

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu memiliki 6 (enam) program dan 17 (tujuh belas) kegiatan. Enam program tersebut di antaranya program pelayanan administrasi perkantoran, program perencanaan, pengendalian dan evaluasi kinerja, program peningkatan sarana/prasarana kerja dan kualitas sumber daya manusia OPD, program peningkatan pelayanan perizinan, program pemantauan dan pengawasan investasi, dan program pelayanan investasi. Selama triwulan III 2019, 15 kegiatan yang dilaksanakan antara lain kegiatan penyediaan jasa dan peralatan perkantoran, penyediaan jasa keuangan, penyediaan rapat-rapat konsultasi dan koordinasi, penyusunan perencanaan kinerja SKPD, penyusunan laporan keuangan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kinerja, pengadaan sarana dan prasarana perkantoran, pemeliharaan sarana dan prasarana perkantoran, survey perizinan, penanganan aduan masyarakat dan advokasi, pelayanan administrasi perizinan, pemeliharaan dan pengembangan sistem informasi penanaman modal dan perizinan, pemantauan dan pengawasan pelaksanaan penanaman modal dan perizinan, pelayanan penanaman modal, dan penyelenggaraan promosi penanaman modal.
Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi kinerja keuangan triwulan III tahun 2019, dengan membandingkan antara target anggaran sampai Bulan September dengan realisasinya diperoleh persentase yaitu 98,54 persen (belanja langsung) dan 84,98 (belanja tidak langsung). Adapun realisasi dari target sampai Bulan Juli, Agustus, dan September berturut-turut yaitu 98,78 persen, 96,96 persen, dan 98,54 persen. Sementara progress penyerapan anggaran belanja langsung untuk tahun anggaran 2019 dari bulan Juli hingga September berturut-turut yaitu 67,62 persen, 73,04 persen, dan 75,66 persen.
Selama bulan Juli-September 2019, rata-rata gap untuk belanja langsung mencapai 1,42 persen. Gap sampai dengan Bulan Juli sebesar 0,84 persen, sampai dengan Bulan Agustus meningkat menjadi sebesar 2,29 persen, dan sampai dengan Bulan September menurun menjadi sebesar 1,12 persen. Terdapat sisa belanja karena disesuaikan kebutuhan maupun penyesuaian harga pasar.
Dari 17 kegiatan, untuk perbandingan antara target keuangan sampai bulan September dengan realisasinya dari yang tertinggi yaitu kegiatan pendidikan dan pelatihan nonformal, kegiatan pengembangan penanaman modal, kegiatan pemeliharaan dan pengembangan sistem informasi penanaman modal dan perizinan, kegiatan penanganan aduan masyarakat dan advokasi, serta kegiatan penyediaan jasa keuangan. Sementara dari yang terendah yaitu kegiatan survey perizinan, kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana perkantoran, kegiatan pengadaan sarana dan prasarana perkantoran, kegiatan pelayanan administrasi perizinan, serta kegiatan penyediaan jasa dan peralatan perkantoran.

« Kembali | Kirim | Versi cetak