BIMTEK SIM-BG DAN OSS

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya, mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan di kecamatan (kapanewon). Guna meningkatkan kualitas pelayanan perizinan kepada masyarakat, maka Kapanewon Girimulyo mengirimkan beberapa ASN untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tentang aplikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIM-BG) dan aplikasi Online Single Submission (OSS).

 

Bimtek dilaksanakan di ruang rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (15/9), menghadirkan nara sumber Kepala Bidang Pelayanan Dan Pengaduan DPMPT, Saryono, SSTP, MPSSp dan beberapa staf seksi perizinan. Dalam kesempatan bimtek kali ini selain diberikan materi dan teknik dalam menyelesaikan beberapa kendala yang biasanya terdapat dalam pengoperasian aplikasi, peserta juga diberikan pendampingan langsung dalam praktek pengoperasian layanan perizinan melalui aplikasi SIM-BG dan OSS.

 

Saryono  menjelaskan pentingnya kemahiran dalam pengoperasian aplikasi layanan perizinan tersebut bagi ASN yang membidangi layanan perizinan, mengingat biasanya masyarakat pelaku usaha IUMK cenderung meminta bantuan dan pendampingan dari petugas dalam pemohonan izin tersebut. “Layanan di tingkat kapanewon ini penting untuk dikembangkan guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah masing-masing kapanewon,” ujar Saryono. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk beberapa perizinan melalui aplikasi OSS semisal Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) maka masyarakat bisa mengurusnya melalui kapanewon saja, tidak perlu ke DPMPT, juga untuk perizinan mendirikan bangunan (IMB) yang kategori non usaha dan bangunan dengan luasan di bawah 100 m² maka cukup diurus melalui PATEN di Kapanewon.

 

Kapanewon menyambut baik adanya bimtek SIM-BG dan OSS, menurut kepala DPMPT Kulon Progo, Agung Kurniawan SIP. M.Si, beberapa kapanewon sudah menyatakan berminat mengikuti bimtek tersebut, antara lain yang sudah mendaftar adalah Kapanewon Kalibawang dan Sentolo.