Selamat Hari Kartini 2022

Pada hari Kamis tanggal 21 April 2022, masyarakat Indonesia kembali memperingati hari bersejarah, yakni Hari Kartini. Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pernyataan berkaitan peringatan Hari Kartini tahun ini.

Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi," kata Jokowi.

Para perempuan tangguh mengambil peran di setiap arena. Membuat bangsa ini tetap tegak dan melangkah maju. "Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju," imbuhnya.

Untuk diketahui pada 21 April diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. Pasalnya, tanggal tersebut merupakan tanggal kelahiran Raden Adjeng Kartini, salah satu pahlawan nasional wanita yang paling berpengaruh di negara ini. RA Kartini dikenal dengan kegigihannya memperjuangkan pendidikan dan keadilan bagi kaum wanita.

Kegigihannya dan kecerdasan RA Kartini tertuang dalam surat-surat yang berisi pemikiran-pemikirannya untuk memajukan kaum wanita pribumi. Berkat kefasihannya berbahasa Belanda, Kartini mampu mendapatkan informasi dari buku, media cetak, dan sahabat pena dari Belanda.

"Jangan biarkan kegelapan kembali datang. Jangan biarkan kaum wanita diperlakukan semena-mena," RA Kartini.