Sosialisasi Izin Usaha Perikanan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo berperan aktif dalam memberikan pengetahuan dan informasi terkait izin usaha kepada masyarakat. Hal tersebut diwujudkan ketika berpartisipasi dalam Sosialisasi Izin Usaha Perikanan di Pokdakan Alam Tirto, Duwet II, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo, Kamis (12/5).

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo tersebut, salah satu staf DPMPTSP Kulon Progo bertindak selaku narasumber yakni, Fransiska Endah Sulistyani.

Dalam kesempatan itu, Endah menyampaikan sistem perizinan usaha yang saat ini sudah bisa dilakukan secara mandiri dan melalui aplikasi online single submission (OSS). “Sejak tahun 2018, sistem perizinan sudah disediakan melalui aplikasi online dan bisa dilakukan secara mandiri. Namun dari DPMPTSP Kulon Progo siap untuk melakukan pendampingan jika mengalami kesultan,” tuturnya.

Endah juga mengatakan bahwa saat ini dalam sistem OSS yang disediakan oleh Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tersebut, sudah disebutkan kategori izin usaha, skala usaha, persyaratan dan kewajiban bagi pelaku usaha.

“Di sistem OSS sudah ditentukan apa saja yang harus dimiliki oleh pelaku usaha untuk mendaftarkan usahanya. Saat ini juga relatif mudah bagi masyarakat untuk mengajukan izin usaha,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Usaha Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, drh Sudarmanto mengajak agar para pengusaha sektor perikanan untuk mendaftarkan usahanya. “Ya ini dalam rangka mengajak para pengusaha untuk memiliki dokumen legal perizinan usaha perikanan mereka,” ungkapnya.

Menurut Sudarmanto, terdapat 30 peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Melalui kegiatan itu diharapkan para pengusaha sektor perikanan bisa mengetahui terkait dokumen perizinan dan bisa mendapatkan izin usaha. (PTSP)