Pengawasan Pelaku Usaha Sektor Perindustrian

Dalam rangka memberikan pemahaman berkaitan sistem perizinan melalui online single submission (OSS) risk based approach (RBA), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo melakukan inspeksi lapangan atau pengawasan pada pelaku usaha di Kabupaten Kulon Progo.

Pada kesempatan tersebut, Rabu (13/7/2022), DPMPTSP Kulon Progo berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan Dinas Kesehatan (Dinkes), melakukan pengawasan pada pelaku usaha sektor perindustrian.

Dua pelaku usaha sektor perindustrian, yakni industri roti Sangrilla dan industri gula merah atau gula semut CV Nalendra Jaya, menjadi objek pengawasan. Kedua pelaku usaha tersebut telah memiliki nomor induk berusaha (NIB) dan memiliki hak akses di OSS RBA.

Berkaitan dengan pemenuhan kewajiban kedua pelaku usaha tersebut, dari Disdagin dan Dinkes Kulon Progo telah melakukan pengecekan dan memberikan rekomendasi untuk ditindaklanjuti. Sedangkan terkait penyampaian laporan kegiatan penanaman modal (LKPM), dari DPMPTSP Kulon Progo sudah melakukan pendampingan untuk pengisian secara langsung di lokasi.

Menurut Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Penanaman Modal II DPMPTSP Kulon Progo, Cahyono ST, kegiatan inspeksi lapangan atau pengawasan ke pelaku usaha menjadi salah satu program yang dilaksanakan. "Saat di OSS RBA sudah dibuka sistem penilaian melalui nilai kepatuhan pelaku usaha (NKPU). Jadi jangan diartikan bahwa izin sudah terbit, maka sudah selesai. Masih ada hal yang harus dipenuhi, maka dari itu kita juga perlu menyampaikan hal ini pada pelaku usaha ketika menjalankan pengawasan," tuturnya.