Pengawasan Pelaku Usaha Sektor Kesehatan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan pengawasan atau inspeksi lapangan ke pelaku usaha sektor kesehatan. Dalam kesempatan kali ini, DPMPTSP Kulon Progo berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengunjungi beberapa pelaku usaha untuk kegiatan pengawasan.

Menurut Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Penanaman Modal II DPMPTSP Kulon Progo, Cahyono ST, kegiatan pengawasan menjadi program DPMPTSP Kulon Progo dalam rangka pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Peraturan BKPM Nomor 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara dan Pedoman Kegiatan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

"Adanya OSS (online single submission) RBA (risk based approach) yang baru diterapkan pada bulan Agustus 2021, memang belum diketahui oleh semua pelaku usaha. Banyak yang mengira ketika izin sudah terbit, urusan selesai. Padahal masih ada proses pengawasan yang berjalan. Nah, kami melaksanakan kegiatan pengawasan ini juga dalam rangka memberikan pemahaman kepada pelaku usaha bahwa terdapat nilai kepatuhan pelaku usaha (NKPU) yang harus dipenuhi," terangnya.

Pada kegiatan pengawasan kali ini, DPMPTSP Kulon Progo melakukan pengecekan data usaha yang ada di OSS, apakah sesuai dengan yang ada pada kondisi riil di lokasi pelaku usaha. "Kami melibatkan teman dari Dinkes dan DLG untuk melakukan pengecekan sesuai dengan kewenangan dinas teknis masing-masing. Bagaimana kelengkapan fasilitas kefarmasian, itu menjadi kewenangan Dinkes untuk mengecek. Begitu pula pengelolaan lingkungan karena ini juga tidak boleh sembarangan, makanya kami ajak DLH," imbuh Cahyono.