60 Pelaku Wisata Dapatkan Izin Usaha

Sekitar 60 pelaku usaha sektor pariwisata di Kabupaten Kulon Progo mendapatkan izin usaha setelah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang diselenggarakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo pada Jumat (15/7/2022) di Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional PTSP DPMPTSP Kulon Progo, Saryono menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menjadi wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Kulon Progo agar masyarakat Kulon Progo, termasuk yang berada di kawasan perbukitan Nglinggo, memahami pentingnya kepemilikian izin usaha dan dokumen pendukung lainnya.

"Selama ini kan orang yang mengurus izin mayoritas di daerah perkotaan. Nah, karena kita melihat masyarakat yang punya usaha sektor pariwisata di Kulon Progo, khususnya di perbukitan Nglinggo ini banyak, ya kami coba jemput bola untuk memberikan sosialisasi, bimbingan teknis dan sekaligus pendampingan untuk mengurus izin di tempat," tuturnya.

Disebutkan Saryono, awalnya pihaknya mengira hanya sedikit yang akan mengikuti kegiatan tersebut. "Kami sediakan kuota 40 peserta. Namun ketika jalan, jumlah pesertanya malah membludak ada sekitar lebih dari 60 pelaku usaha. Awalnya kami menyasar untuk sektor pariwisata saja, namun ternyata terdapat perizinan lain, seperti PIRT ada banyak yang mengurus juga," ujarnya.

Adapun salah satu peserta kegiatan, Tombro antusias dalam mengikuti kegiatan. Menurutnya, materi yang disampaikan, seperti sistem perizinan berusaha berbasis risiko yang sudah dilakukan secara online serta kebutuhan fasilitas sarana dan prasarana tempat penginapan homestay, menjadi ilmu baru yang menarik untuk dipelajari.

"Ya tentu senang, mendapatkan ilmu baru. Regulasi yang selama ini kami belum tahu, sekarang jadi tahu dan ternyata mengurusnya juga mudah," beber Tombro.