DPMPTSP Kulon Progo Hadiri Diseminasi Eksekusi Realisasi Investasi

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo berpartisipasi aktif dalam mendorong capaian realisasi investasi tahun 2022 sesuai arahan pemerintah pusat. Hal tersebut diwujudkan dengan keikutsertaan dalam Diseminasi Eksekusi Realisasi Investasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI pada Kamis dan Jumat (8-9/9/2022) di Hotel Episode, Serpong, Tangerang, Banten.

Dalam kegiatan tersebut, DPMPTSP Kulon Progo mengirimkan dua perwakilan yakni Cahyono ST selaku Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Penanaman Modal II  dan Beni Widyasworo selaku staf Bidang Pengawasan Data dan Informasi.

Kegiatan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, terdapat paparan yang disampaikan berkaitan dengan subsistem pengawasan dan penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) melalui sistem Online Single Submission (OSS) risk based approach (RBA). Terdapat diskusi dan tanya jawab berkaitan dengan subsistem pengawasan, khususnya penjadwalan pengawasan dan penilaian kepatuhan pelaku usaha, serta penyampaian LKPM.

Sedangkan pada hari kedua, materi yang disampaikan berkaitan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK). Penggunaan DAK dari Kementerian Investasi diharapkan mampu meningkatkan capaian realisasi investasi bagi seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kulon Progo. Melalui DAK tersebut juga, kendala para pelaku usaha diharapkan mampu difasilitasi oleh DPMPTSP di kabupaten, kota maupun provinsi.