Bimtek OSS Bagi Pelaku Usaha Homestay

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo mengadakan Bimbingan Teknis Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Sektor Pariwisata di Griya Budaya Segajih Hargotirto Kokap pada hari Selasa (13/9/2022) dengan sasaran pelaku usaha pondok wisata/homestay.

Pada acara Bimbingan Teknis ini dihadiri 40 peserta pelaku usaha dengan 4 (empat) narasumber. Empat dari narasumber tersebut yakni pemateri pertama Heriyanto, S.H., M.M, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan materi Pentingnya Pelaku Usaha Memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) Perizinan Berbasis Resiko Melalui Online Single Submission (OSS). Pemateri ke dua dari Dinas Pariwisata yaitu Sari Wulandari, S.H., M.M., dengan judul materi Manajemen Tata Kelola Homestay.

Pemateri ketiga Kepala Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu,  Saryono, SSTP., MPSSp dengan materi Mekanisme Perizinan melalui OSS RBA, dan pemateri yang terakhir adalah dari pelaku usaha yang sudah berizin dan memenuhi persyaratan perizinan yaitu dari Homestay Koppen, Suryanta dengan materi Standar Usaha Homestay/Pondok Wisata.

Turut hadir juga Yulianta Nugraha, SIP., M.Si, Panewu Kokap dalam acara bimtek ini. “ Kami sangat berterima kasih kepada DPMPTSP yang sudah memfasilitasi teman-teman pengusaha homestay agar mereka memperoleh izin usaha dengan melaksanakan dan mengundang peserta dari Kapanewon Kokap”, tutur Yulianta.

Dari hasil bimbingan teknis tersebut diharapkan pelaku usaha mengetahui penggunan aplikasi OSS, mengetahui pentingnya perizinan (NIB) dan dapat memenuhi kewajiban perizinan tersebut, serta dapat semakin memahami standar usaha dan tata kelola homestay/ pondok wisata yang baik.

Pada kegiatan bimbingan teknis kali ini pelaku usaha homestay juga diberikan semangat agar dapat berinovasi dan bangkit kembali setelah dua tahun kemarin sempat sepi dikarenakan pandemi Covid-19.