Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

Hari ini tanggal 1 Oktober 2022, bertepatan dengan hari besar nasional Hari Kesaktian Pancasila. Berkaitan dengan hal tersebut, maka kita perlu mengetahui sejarah Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Menurut surat tersebut, Hari Kesaktian Pancasila awalnya harus diperingati oleh TNI Angkatan Darat.

Kemudian, pada tanggal 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

Selanjutnya, Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966, Jenderal Soeharto sebagai Menteri menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan yang berisi bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh slag orde Angkatan Bersenjata. Dengan demikian, upacara peringatan 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan.

Pada tahun ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasia".

Pancasila lahir menjadi simbol dari negara Indonesia, perwujudan dari keberagaman yang ada. Kita harus terus merawat keberagaman agama, budaya, suku, adat dan bahasa, dengan Pancasila.