Bimbingan Teknis dan Pendampingan Pelaku UMKM dalam Mengurus Izin Berusaha pada Aplikasi OSS RBA

DPMPTSP Kabupaten Kulon Progo mengadakan bimbingan teknis bagi pelaku usaha dan pendampingan pelaku usaha dalam memndaftakan izin berusaha pada aplikasi Online Single Submission (OSS) RBA di Puncak Saka Kulon Progo, selasa (27/9).

Acara bimbingan teknis di sampaikan oleh beberapa narasumber tentang tujuan dan fungsi dari pedaftaran izin berusaha, serta tata cara pengaplikasian aplikasi OSS dan cara mendaftarkan izin berusaha melalui OSS. Narasumber bimbingan teknis ini diisi dari DPMPTSP sendiri yaitu Marsi, S.IP., M.P.A, Saryono, SSTP., MPSSP, dan Hayunindra Bayu Tantular, A.Md.

Dalam acara tersebut ada juga yang praktik dari pelaku usaha dalam pendaftaran perizinan pada OSS yang kemudian di contoh oleh peserta yang lain. Sehingga pada waktu itu juga para peserta bimbingan teknis mendaftarkan usahanya, sehingga langsung dapat di cetakkan Nomor Iduk Berusaha (NIB)

Para peserta acara ini nampak antusias dilihat dari undangan peserta hanya 40 pelaku usaha, ternyata yang datang mencapai 44 pelaku usaha. Pada saat itu juga dilakukan pendampingan dalam mengurus izin berusaha pada aplikasi OSS, dan menerbitkan 44 NIB.