Kementerian Investasi Gandeng Pemkab Kulon Progo Percepat Target Penerbitan NIB bagi Pelaku UMKM

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggandeng Pemkab Kulon Progo untuk mempercepat penerbitan nomor induk berusaha (NIB) bagi pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) di wilayahnya. 

Dengan begitu, pelaku UMKM bisa mengakses permodalan dengan mudah ke perbankan.

Selain itu, target penerbitan 100.000 NIB per hari oleh Kementerian Investasi di seluruh Indonesia juga bisa tercapai. 

Staf Ahli Bidang Pengembangan Investasi Prioritas, Kementerian Investasi dan BKPM RI, Aries Indanarto mengatakan NIB sangat diperlukan bagi pelaku usaha agar mereka mendapat permodalan melalui kredit usaha rakyat (KUR). 

Dikarenakan, jika pelaku UMKM belum memiliki legalitas penyerapan KUR tidak bisa dilaksanakan. 

"Kami berkolaborasi dengan stakeholder yang ada bagaimana memberikan NIB sebagai bentuk izin melakukan kegiatan usaha komersial yang nantinya bisa mendapatkan akses perbankan," katanya usai fasilitasi dan penyerahan NIB, Selasa (27/9/2022). 

Oleh karenanya, Kementerian Investasi terus berupaya mempercepat proses perizinan bagi pelaku UMKM di 20 titik yang bisa mengkover 33 provinsi. 

Aries juga mengapresiasi langkah Pemkab Kulon Progo dalam memberikan fasilitasi perizinan berusaha bagi pelaku UMKM sehingga bisa ditiru oleh kabupaten lain.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Kulon Progo , Heriyanta melanjutkan pengurusan NIB sebagai upaya meningkatkan kepatuhan pelaku UMKM dalam kegiatan berusaha dan meningkatkan minat investor untuk melakukan investasi di daerah. 

"Peserta pada kegiatan ini ada 100 pelaku UMKM di Kulon Progo . Ini sudah ke-12 kalinya dari rencana 14 kegiatan roadshow," ucapnya.



Sumber :  https://jogja.tribunnews.com/2022/09/27/kementerian-investasi-gandeng-pemkab-kulon-progo-percepat-target-penerbitan-nib-bagi-pelaku-umkm.
Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti