Hari Kebangkitan Nasional 2023, Semangat untuk Bangkit

Tanggal 20 Mei 2023, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Adapun Hari Kebangkitan Nasional merupakan peringatan atas perjuangan dalam meraih kemerdekaan yang telah ada sejak 1908.

Terciptanya Hari Kebangkitan Nasional tidak lepas dari dua peristiwa besar. Peristiwa pertama yakni berdirinya Budi Utomo. Dan kedua merupakan peristiwa ikrar Sumpah Pemuda.

Dari dua faktor itulah kemudian peringatan tentang Hari Kebangkitan Nasional mengakar. Kemudian faktor-faktor seperti adanya penderitaan yang dibuat oleh kolonial dalam tempo yang lama mendorong adanya Hari Kebangkitan Nasional.

Selain itu, faktor-faktor seperti bermunculan gerakan yang dipimpin kaum-kaum intelektual dan romantisme panjang atas kejayaan masa lalu.

Tak hanya itu saja, pemahaman liberalisme, sosialisme, hingga nasionalisme membuat adanya peringatan tersebut. Terlebih di seluruh Asia sangat gencar pada waktu itu gerakan pembebasan. Ada pula Jepang yang aktif dalam Perang Dunia 2 membuat kepercayaan diri bangsa Asia semakin besar.

Sumber : detik.com