Bimbingan Teknis Labelisasi Pengawasan Rumah/ Warung Makan

Sebagai bentuk kepedulian dan kedekatan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terhadap perkembangan kegiatan usaha para pelaku usaha di Kulon Progo, dilaksanakan Bimbingan Teknis Labelisasi Pengawasan Rumah/Warung Makan. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo di Tabebuya Coffee & Eatery, Wates, Kulon Progo, pada Selasa dan Rabu (28-29/5/2024).

Pada kegiatan tersebut, terdapat total 84 peserta pelaku usaha rumah/ warung makan yang ada di Kabupaten Kulon Progo, terutama di Kapanewon Wates, Pengasih, Temon dan sekitarnya. Para peserta mendapatkan penyampaian materi tentang pentingnya legalitas usaha atau izin usaha yakni nomor induk berusaha (NIB) yang bisa diakses dengan mudah, cepat dan tidak berbayar melalui aplikasi atau sistem online single submission (OSS). 

Kepala DPMPTSP Kulon Progo, R Heriyanto SH MM menyampaikan bahwa para pelaku usaha di Kulon Progo ini perlu didorong untuk terus berinovasi, kreatif dan update dengan aplikasi dan sistem digital yang ada saat ini. "Pada sistem perizinan ada aplikasi OSS yang bisa diakses dengan mudah dan cepat. Silakan ini dimanfaatkan. Jika tidak tahu, bisa konsultasi di nomor pelayanan kami atau datang langsung ke kantor, tidak berbayar," jelasnya.

Selain itu, para pelaku usaha rumah atau warung makan ini mendapatkan penjelasan secara mendetail tentang pentingnya labelisasi pengawasan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Terdapat dua narasumber dari Dinkes Kulon Progo, yakni Bangun Nugroho Wibowo SKM dan Wahyuni Astuti SKM.