Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga

Sebanyak 42 pelaku industri rumah tangga yang berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo mengikuti bimbingan teknis yang diadakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kulon Progo pada hari Rabu tanggal 06 Juni 2023 di Tabebuya Coffee & Eatery, Wates, Kulon Progo.

Adapun materi yang disampaikan pada acara Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga, meliputi pengajuan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP PIRT), Sertifikasi Halal dan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS). 

Menurut Kepala DPMPTSP Kulon Progo, R Heriyanto SH MM, kegiatan tersebut menjadi hal yang dibutuhkan bagi pelaku usaha dan pemerintah untuk sama-sama saling bersinergi. "Kita ini kan bisa saling bersinergi. Kami dari pemerintahan siap memfasilitasi kebutuhan dari masyarakat. Sedangkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari kami, siap kami layani sesuai dengan apa yang kami bisa. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi, bagi sesama pelaku usaha industri rumah tangga, yang mungkin jarang berkumpul dalam satu kegiatan seperti ini," tuturnya.