DPMPT BAGIKAN IUMK DI PAGELARAN KISKENDHA MRAHASWARA

Dalam rangka mendekatkan pelayanan perizinan IUMK bagi pelaku usaha di obyek wisata di wilayah Kulon Progo, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulon Progo mengadakan sosialisasi layanan perizinan dan penanaman modal, di lokasi obyek wisata alam Goa Kiskendo, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kamis (15/10). Selain sosialisasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) melalui Online Single Submisiion (OSS) kepada para pelaku usaha UMKM di lokasi wisata tersebut, tim dari DPMPT juga melakukan fasilitasi pengajuan permohonan izin bagi para pelaku usaha kecil.

Kemudian, guna turut mendukung dan memeriahkan acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo maka penyerahan IUMK tersebut diserahkan pada gelaran acara yang bertajuk "Kiskendha Mrahaswara" yang dilaksanakan pada Minggu (18/10) di obyek wisata Goa Kiskendo. Kiskendha Mrahaswara merupakan upaya menggairahkan kembali kepariwisataan di objek wisata Goa Kiskendo yang sekaligus juga sebagai kegiatan re-branding objek wisata Gua Kiskendo menjadi Taman Wisata Goa Kiskendo. Pada acara ini digelar varian atraksi baru seperti sendratari Sugriwa Subali, Jemparingan, susur goa/caving, glamping dan lain-lain.

Para pelaku usaha IUMK mengaku sangat senang. Mereka berharap dengan rebranding Kiskendo ini UMK di sekitarnya ikut berkembang. Dengan kendala pemasaran yang dihadapi mereka saat ini, mereka berharap agar setiap ada event para pengusaha UMK ini diikutkan, karena mereka memiliki produk-produk makanan dan kerajinan yang unik dan khas.

Selain hal di atas, dalam acara ini, Dinas Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menjalankan Program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang digaungkan pemerintah sebagai lokasi wisata unggulan atau “Bali Baru”. DAMRI meresmikan rute/trayek baru angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang berada di Yogyakarta dengan rute sebagai berikut: Monumen Yogya Kembali – Pasar Plono (via Dekso), Grand Inna Malioboro – Goa Kiskendo (via Godean), Borobudur – Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) (via Goa Kiskendo), Borobudur – Bandara Internasional Yogyakarta (via Nanggulan).

Hadir dalam kesempatan ini Bupati Kulon Progo H. Sutedjo, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Bambang Hermanto, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Wibowo, dan Kepala Dinas Perhubungan Purworejo Bambang Gatot Seno Aji, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis DAMRI Sandry Pasambuna, juga beberapa kepala OPD Kabupaten Kulon Progo.